Showing posts with label Mistery. Show all posts

Review Game : Chou no Doku; Hana no Kusari (Butterfly's Poison; Blood Chains)

//Saturday, October 14, 2023
//Posted by Puspita Zulviandari

 




            Oke sebenernya aku udah pengen main otome game ini sejak lama, tapi malah kelupaan wkwk… Akhirnya keinget lagi dan aku pun langsung gass main. Game ini mengambil setting di era Taisho. Ada sedikit menceritakan soal perang Jepang - Rusia juga. Game ini menceritakan tentang si heroine Yuriko (default name), anak keturunan keluarga bangsawan yang kastanya cukup tinggi. Tapi sayangnya keluarganya itu lagi bangkrut dan kelilit utang, mereka masih tinggal di rumah mewah tapi sebenernya mereka udah jatuh miskin. Satu per satu kemalangan terus menimpa keluarga Yuriko. Seperti ada orang jahat yang senang melihat keluarga Yuriko ini menderita. Ada 6 rute di game ini, 5 rute cowok 1 rute cewek (platonic rute, they said :v). Oke langsung aja ke pembahasan, SPOILER ALERT sedikit buat yang belum mainin game ini.





Pertama ada rute Shiba, pengusaha tajir melintir yang tadinya cuma rakyat jelata miskin, yatim piatu pula. Dia terobsesi sama Yuriko dan pengen ngelamar Yuriko, dengan jaminan semua hutang-hutang keluarganya bakal dilunasi oleh Shiba, soalnya ya dia emang banyak duit sih. Bahkan di rute lain pun dia bakal muncul buat ngelamar Yuriko dan PD abis kalo dia bakal nikah sama Yuriko wkwk… Sebenernya Shiba ini cowok yg setia, cuma emang orangnya arogan, keras kepala dan kadang suka maksa juga. Emang sih masa lalu dia berat bgt, harus jadi sebatang kara sejak dini, mau makan pun susah. Mungkin emang awal-awal dia ini ngeselin yah, si heroine juga dibikin kesel terus sama ni orang. Tapi lama-lama bakal keliatan sifat aslinya yang setia, penyayang dan juga peduli sesama. Aku cukup suka chemistry antara Yuriko dan Shiba, trope dari benci jadi cinta gitulah.



Kedua, ada rute Fujita, half British-Japanese yang kerja jadi butler atau kepala pelayan di rumah keluarga Yuriko. Dia ini orangnya baik, cuma emang kaku aja sih. Soalnya ya dia ini kan pelayan ya, yang ada di pikiran dia ya cuma melayani majikan. Dia ngerasa insecure dan gak pantes buat suka ke majikannya, Yuriko karena status sosialnya. Suka banget makan yang manis-manis, jadi rasanya ada gap moe di karakternya ini. Rute ini emang fokus ke romance antara majikan dan pelayan, age gap juga. Aku sendiri merasa rute ini B aja. Malah menurutku bad endingnya sih yang bikin rute ini menarik, ada unsur NTR + BDSM sedikit wkwk... Kalo di versi 18+, dia ini big D sampe si heroine kesakitan waktu sedang membuat anak, waduh pack o////o



Ketiga, ada rute Hideo, cowok teman masa kecilnya Yuriko. Dia ini anggota tentara Jepang pangkat letnan dua. Keliatannya dingin, cuek dan suka sarkastik, tapi sebenernya dia ini cuma tsundere aja. Dia suka banget sama burung, literally burung hewan bukan burung yang lain /apasih :v Sebenernya cita-citanya jadi peneliti satwa terutama burung tapi akhirnya masuk militer karena tuntutan keluarga juga. Sebenernya aku cukup suka sama rute ini karena chemistry mereka Yuriko dan Hideo terasa mengalir secara alami. Karena sama-sama tsun-tsun mereka berdua sering cekcok, tapi sebenernya dalam hati saling peduli dengan satu sama lain. Konfliknya juga dikemas dengan rapi. Lumayan sedih sih bad endingnya, tapi bagus ceritanya aku sukaa. T_T



Keempat ada rute, Mizuhito, kakaknya Yuriko. Kukira ya rute ini bakal incest, tapi ternyata mereka gak sedarah, surprise surprise. Dari awal emang udah ada hint sih kalo si Mizuhito ini siscon anjerr. Selain siscon akut, dia juga sering main ke brothel atau rumah bordil, alasannya ya karena dia ini kesepian. Masa lalu Mizuhito ini bisa dibilang cukup sad juga sih, karena dia cuma anak angkat di keluarganya dan ibu angkatnya juga gak pernah peduli sama dia makanya dia jadi haus kasih sayang wanita. Akhirnya ya dia melampiaskan kesepian itu dengan nyewa pelac*r. Karena kondisi keuangan keluarganya yang sulit juga terkadang dia harus menjual diri. Pengorbanannya sih gila emang. Sayangnya menurutku Mizuhito ini terlalu terobsesi sama Yuriko dan juga posesif. Tapi masih okelah, dia gak bikin aku naik darah atau kesel, malah seringnya bikin aku bersimpati sama karakternya yg selalu bernasib malang. Rute ini bisa termasuk yg paling angst daripada rute lain, soalnya ya menceritakan hubungan kakak beradik yang tabu, walaupun mereka gak sedarah tapi masyarakat luar taunya mereka ya kakak beradik sedarah. Bad endingnya sih, banyak yg sedih… Tapi aku suka bad ending yang 3P sama Hideo juga, hmm… omoshiroi.



Kelima, rute Kyoko, cewek bangsawan tajir melintir yang rada sus. Satu kata untuk rute ini, M-MOMMY… Sugar mommy vibes di karakter Kyoko ini kuat bgt. Karena beliau kaya, si MC dimanjain bgt, diajak jalan-jalan, dibeliin baju, diajak dansa pula >////< Who says this is a platonic route? Nah broo this is so fckn gay o////o Tapi emang sih endingnya gak se-happy ending rute cowoknya, yang sampe nikah dan punya anak, ada gila-gilanya dikit, ada unsur sexual assault, torture, sedikit BDSM mungkin. Kyoko di sini diceritakan sebagai cewek bisex yang doyan mainin cowok sama cewek, secara terang-terangan bahkan disebut sama karakter lain kalo doi emang bisex! Makanya pada khawatir kalau si MC terlalu deket sama Kyoko ini. Tapi yang jelas di endingnya mengimplikasikan kalo si MC sama Kyoko jadi umm semacam pasangan, atau fwb gak tau lah, yang jelas mereka berdua ngeseggs di endingnya >////< ara ara~ Aku sering sih nemu otome game yang punya rute yuri, biasanya otome game barat indie. Tapi ini otoge Jepang loh, dan se-eksplisit ini wkwk… Sayangnya gak ada CG kiss kayak rute cowoknya jadi emang nih rute dimaksudkan buat jadi platonic friendship route yg biasanya emang ada di otome game jepang kebanyakan. NO WAY THIS IS TOTALLY NOT A PLATONIC ROUTE! >////< Kyaaa mommy...



Terakhir, rute Majima si tukang kebun, cinta pertama Yuriko yang ternyata adalah villain di semua rute. Lagi-lagi… villain cowok, see? Villain cewek jarang ditemukan di otome game asli, memang ada tapi jarang bgt, gak kayak cerita2 di manga atau anime villainess ya. Karena pada dasarnya otome game ini pasarannya buat cewek sih jadi kebanyakan emang pake villain cowok ganteng… biar lebih menjual mungkin wkwk…  Ya dia villain sih tapi dia gak pure jahat, dia cuma pengen balas dendam sama orang-orang yang bikin dia menderita. But still, mainin rute dia emang bikin mixed-feelings. Dia ini punya kerjaan sampingan jadi bandar narkoboy di China, anjay… Yang lebih mengagetkan lagi, the true incest route adalah rute Majima ini, buset dah XD Happy endnya Majima sama Yuriko kawin lari, tetep tinggal di Jepang cuma kadang Majima kudu ke China buat nyari duit. Terus Yuriko nggak tau sama sekali soal kerjaan Majima, yang dia tau cuma jadi ibu rumah tangga sekaligus istri yang baik buat Majima. Yuriko di sini juga gak tau kalo Majima itu half-brother dia, ibunya sama tapi beda ayah gitu. Anaknya cacat gak tuh? Nggak tau, kalo di rute ini mereka belum punya anak wkwk… Tapi di rute Majima ini, si Majima tuh sweet bgt ke Yuriko, pokoknya diperlakukan bak putri raja lah. Duh jadi bingung buat suka atau nggak ke karakter Majima ini.



Overall, cerita di game ini penulisan plotnya cukup solid. Misterinya dapet, bikin yg baca jadi penasaran sebenernya siapa sih dalang dari semua kemalangan yang menimpa keluarga Yuriko. Terus ceritanya juga cukup dark, apalagi di bad endingnya banyak mengandung unsur ntr, kidnapping, suic*de, murder, sedikit BDSM juga wkwk… Emang yah main otome game PC jarang ada yang mengecewakan. Sayangnya aku gak bisa main yg versi 18+, yang di PC ini aku dapetnya yg versi censored. Emang ada sih adegan seggs, tapi karena censored jadi cuma ada background item doang dan gak dijelasin secara eksplisit adegan seggsnya T_T Tapi aku bener-bener enjoy main game ini dan aku sampe namatin semua rutenya dalam waktu 3 hari wkwk… Se-attached itu aku sama game ini. Karena ceritanya emang se-menarik itu. Aku juga suka kepribadian si heroine, Yuriko di sini. Emang sih banyak yg bilang kalo si Yuriko ini bener2 goodlooking, tapi dia gak mary sue. Karakter Yuriko beda-beda sih di tiap rute tapi gak ada yang ngeselin! Yuriko ini cewek strong, walau kadang keras kepala dan egois. Tapi dia gak takut buat ngomong terus terang dan jujur sama perasaan dia. Sering banget malah dia confess duluan ke cowok yg dia suka. Kalo di rute tertentu kadang dia kasar juga sih ke cowoknya wkwk… Tapi ya itu yang bikin karakter heroine game ini jadi makin menarik, gak bland dan membosankan. Karakter lain juga menarik, mereka semua punya kekurangan layaknya manusia biasa, gak ada yang bener2 perfect. So, is this game worth the money? Totally! Pokoknya kalo kalian suka otome game kalian wajib coba mainin game ini sih. Game ini udah tersedia di Steam ya.

Review Game : Flowers -Le Volume Sur Printemps-

//Monday, October 30, 2017
//Posted by Puspita Zulviandari
Hasil gambar untuk flowers printemps




Hey yo minna! Kali ini gue bakal ngereview game. (Loh kok malah ganti haluan jadi blogger review game sih? -_-) Hahaha..., nggak kok gue nggak ganti haluan sama sekali. Yang gue review ini masih berkaitan sama dunia perwibuan(?) Masih ada kaitannya sih sama anime. Yosh lanjut! Game ini adalah game visual novel. Tau kan visual novel itu apa? Kalian para otaku dan wibu sekalian mungkin sebagian besar gak asing dengan istilah ini. Gue sendiri adalah seorang player VN yang sudah mengoleksi banyak VN dalam berbagai genre. Kebanyakan sih otome & BL game xP Kenapa gue suka banget main VN? Gue dulu adalah seorang kutu buku, dan sekarang gue udah jarang baca buku karena ada internet, jadi gue gak perlu ribet cari-cari apa yang gue pengen baca di perpus. Lagian sekarang perpus penuh sesak dengan wifi hunter, nggak kayak dulu semua orang cuma baca buku, jadi males lah ke perpus lagi. Tau lah kalau gue benci banget keramaian. Duh kok jadi OOT? Kembali ke topik! Dan akhirnya gue lebih suka baca novel dalam bentuk game daripada buku. Dan biasanya VN itu kan bahasa inggris, jadi lumayan buat nambah kosakata bahasa inggris. Gue gak perlu lah les-les dan situs macem duolingo buat latihan bahasa inggris, cukup film dan game udah cukup bikin gue jago bahasa inggris XD
Visual Novel adalah novel yang divisualisasikan dalam bentuk game, biasanya dalam bentuk gambar + tulisan dan dikasih sound effect, background song & tiap karakter diberi suara. Soal seiyuu, gak semua VN ada, tapi VN yang bagus biasanya selalu ada seiyuunya. Akhir-akhir ini lagi populer banget game Visual Novel ini, gara-gara ada game galge anti mainstream yaitu Doki-Doki Literature Club. Info selanjutnya tentang game DDLC silakan searching sendiri, gue gak pernah main game ini jadi gue gak mau bahas game ini. Yang mau gue bahas adalah game Visual Novel bergenre YURI, iya YURI alias shoujo ai(GXG). Judulnya adalah Flowers -Le Volume sur Printemps- (bahasa apaan ini? kalo menurut ilmu ngasal gue sih, ini bahasa Perancis :3). Gue ngeliat game ini di situs download game otome langganan gue, dan preview artnya bikin gue tersepona. Akhirnya gue download deh ini game, mumpung lagi ada gratisan kuota.
Game Flowers ini selain bergenre romance, di game ini juga banyak misterinya. Nantinya MC bakal jadi detektif di beberapa case, simple kok casenya, kalian cuma harus bener-bener teliti untuk mencari clue-clue yang bertebaran, analisis, lalu buat kesimpulan. Misteri-misteri di game ini menjadi daya tarik tersendiri buat game ini. Gue jadi keasikan mainnya, soalnya gue sebenernya juga penggemar misteri sih. Jangan khawatir, game ini bukan eroge, game ini all-age jadi aman buat dimainin. Tapi, jangan dimainin di depan ortu kalo mereka sensitif dengan “LGBT” you know lah... XD Buat yang baca artikel gue ini, awas sop iler bertebaran!
Karakter utama alias MC game ini kita mainkan perannya adalah Shirahane Suoh, seorang gadis pendiam, pemalu & kuper, yang punya trauma di masa lalu. Bisa kita liat Suoh ini phobia sosial dan sempet jadi hikikomori, tapi dia tetep sekolah walaupun harus homeschooling. Akhirnya dia dipindahkan ke sekolah katholik khusus cewek, padahal sebenernya Suoh ini dari keluarga non-Christian(sop iler : dia dari keluarga penganut Budha). Ngomong-ngomong soal setting di sekolah katholik khusus cewek ini kok rasanya umum banget ya di anime/manga/game genre yuri? XD Contoh aja anime kayak Strawberry Panic yang pernah gue review sebelumnya, sama satu lagi anime yang katanya yuri juga yaitu Maria-sama Ga Miteiru. Maria-sama blablabla(males nulis XD), gue cuma sebatas tau doang, gak pernah nonton dan gak minat :v Sorry gue fujo bukan fans yuri, gue cuma mau liat yuri karena yang gue incar adalah storylinenya. Yosh balik lagi ke topik kita! (OOT mulu nih adminnya, ampas :v)

Di game ini, kita berperan sebagai Suoh yang pendiam dan pemalu, supaya dia mau keluar dari dalem cangkangnya. Di sekolah yang namanya Saint Angraedjcsdgkahsggs apalah(susah amat ngejanya), ehm... Saint Angraecum Academy ini Suoh ketemu sama dua orang cewek. Pertama Suoh bakal “pelukan” ehm... nabrak maksudnya...., seorang cewek rambut kepang dua & megane yang bernama Hanabishi Rikka. Tapi karena si Suoh ini pemalu, dia pun lari waktu diajak kenalan. Waktu Suoh melanjutkan perjalanan menuju sekolah, dia bertemu seorang cewek rambut panjang sebahu di bawah pohon sakura yang bermekaran, yang bernama Kohsaka Mayuri. (dramatis sangad.. :v) Mereka ini dua cewek yang nantinya bakal jadi amitie’ sekaligus love interestnya Suoh. Bagaimana sifat Suoh bakal berkembang atau nggaknya, tergantung pilihan rute kalian. Kalian lebih suka si cewek megane yang otaknya encer yaitu Rikka? Atau si cewek ceria pekerja keras yaitu Mayuri?

Game ini love trianglenya kerasa banget, nggak kayak otome game, kalo otome game cintanya bisa sampe segidelapan lebih wkwk XD Oh iya satu tips yang gue dapet dari forum steam, main rute Mayuri dulu baru Rikka, kalau kalian milih rute Rikka dulu, kalian bakal dapet bad ending. Dan sebenernya gue dari awal main game tanpa liat forum, gue udah milih Mayuri, insting gue mengatakan bahwa dia adalah best girl di game ini :v Dan insting gue bener ternyata, Mayuri adalah karakter kunci misteri untuk sequel game ini.
Selain Suoh, Mayuri dan Rikka, ada karakter lain juga. Di kelas, Suoh ketemu lagi sama dua orang kembar nakal (bukan upin ipin ea XD), bernama Ichigo Sasaki & Ringo Sasaki. Kenapa gue nyebut mereka kembar nakal? Mereka demen banget ngerjain/jailin orang soalnya, persis upin ipin (dih kok malah nyasar ke dua tuyul eh, upin ipin sih? -_-) Ichigo & Ringo sebenernya kembar identik, tapi bedainnya gampang kok. tinggal liat gaya rambut mereka dan jumlah tahi lalat di bagian bawah mata mereka (Ichigo punya dua tahi lalat sedangkan Ringo cuma satu). Selain itu, kepribadian mereka juga beda. Si Ichigo orangnya cerewet dan ceria, sedangkan Ringo orangnya lebih kalem dan cuek-cuek gimana gitu. Satu lagi hal yang unik, yaitu nama mereka. Ichigo dalam bahasa jepang artinya stroberi dan Ringo artinya apel. Si kembar nakal ini, pernah bikin masalah sampe jadi salah satu case di game ini. Dan mereka juga suka kepo soal hubungan Suoh sama Mayuri & Rikka. Tapi gue perhatiin di game ini mereka kayak homophobic gitu, padahal di sequel game ini mereka juga yuri detected :v Ringo diceritakan kalau dia nantinya bakal suka sama Yuzuriha-senpai di sur Automne (judul sequel kedua game ini). Dan waktu gue liat cover sur automne, surprisingly twincest detected! :v Incest is wincest? :v Ada ilustrasi IchigoxRingo kayak mau kissu gitu njir, what the hell...??? Tapi gue belum main gamenya soalnya belum ada terjemahannya, gue belum bisa baca huruf jepun :’v Jadi gue belum bisa buat kesimpulan apakan mereka beneran twincest atau nggak.   
Ada lagi Dalia Biskuit eh, Basquiat-sensei, suster cantik bin sekseh di St. Angraecum, kalian bisa liat dia punya perfect body waktu kelas balet XD Di luar kelas balet, dia cuma keliatan muka sama tangannya doang karena dia pake baju biarawati :v Dalia-sensei dari kecil sampe segede gaban dewasa tumbuh di St. Angraecum, karena ayahnya adalah seorang pendeta di sekolah ini. Katanya si Dalia-sensei ini banyak diincer murid-murid di St. Angraecum, rumornya banyak yang pengen dapet “pelajaran tambahan” dari Dalia-sensei kata si Ichigo. (pelajaran balet ya, jangan mikir yang aneh-aneh wahai para hentongers :v) Dalia-sensei adalah wali kelas di kelas Suoh, dia juga bakal jadi tempat curhat emm... konseling soal sistem Amitie’. Sistem Amitie’ ini, tiga orang dikelompokkan dalam satu ruangan (jadi roommate) terus mereka harus mendekatkan diri satu sama lain. Sistem Amitie’ ini juga jadi alasan kenapa Suoh dipindahkan ke sekolah ini. Segala macam masalah Suoh waktu mengikuti sistem Amitie’ ini, bisa dibicarakan dengan Dalia-sensei.

Ada lagi Yatsushiro Yuzuriha-senpai, ketua OSIS sekaligus ketua klub memasak (klub yang Suoh ikuti), dia juga kadang bantu-bantu ngurusin klub paduan suara. Soalnya ketua klub paduan suara yaitu Nerine, adalah osananajimi(teman masa kecil)-nya Yuzuriha. Yuzuriha punya wajah yang cantik, rambut warna perak panjang dikuncir ponytail. Hal yang unik, Yuzuriha-senpai ini ternyata suka main sepak bola XD Dia pernah kejedot pohon sampe kepalanya berdarah gara-gara latihan tendangan overhead XD Yuzuriha ini senpai yang gimanaaa ya gue bilangnya....?? XD Tomboy, suka ngegodain Suoh, dan bisa dibilang agresif :v Dia pernah jilat pipi Suoh gara-gara ada sisa saus nempel di pipinya dan gara-gara itu Suoh selalu dapet pandangan curiga dari rekan-rekan klub memasak, masih untung di pipi ya bukan bibir XD Sayangnya di game ini nggak ada pilihan rute Yuzuriha. Menurut sop iler yang gue dapet, di sequel game ini, love interest Yuzuriha bukan Suoh, tapi Komikado Nerine, teman masa kecilnya. Nerine adalah wakil ketua OSIS sekaligus ketua paduan suara, yang juga cantik, punya rambut blonde panjang terus punya kepribadian yang sopan, beda banget sama Yuzuriha. Yuzuriha dan Nerine punya kesamaan, yaitu mereka sama-sama blasteran bule eropa, cuma beda negara doang. Nggak heran kalau mereka berdua punya wajah yang cantik pake banget. Mereka sering digosipin pacaran soalnya saking deketnya. Padahal mah Yuzuriha kena friendzone kayaknya di sur Automne XD

Ada lagi satu karakter yang cukup unik, yaitu Yaegaki Erika. Orangnya agak judes gitu, terus omongannya juga kadang pedes, kesannya nyebelin :v Mungkin bisa dibilang, tsundere? XD Erika juga salah satu “pelaku” di salah satu case di game ini. Tapi dia bisa jadi teman yang diandalkan dan tempat curhat yang ideal. Dia juga banyak ngebantu Suoh nyelesain permasalahannya sama temen-temennya. Walaupun dia ngebantu Suoh bukan secara terus terang tapi dia suka pake bahasa istilah XD Soal main logika, dia juga gak kalah cerdas dengan Suoh. Dan Erika ini bakal jadi MC di sekuel pertama game ini yaitu sur ete’. Menurut sop iler yang gue baca, dia bakal dapet roommate sekaligus love interest. Akhirnya Erika gak jones lagi XD

Balik lagi ke karakter Suoh sang MC kita, dia punya wajah yang cantik (paling cantik di kelas kata si kembar nakal), badan tinggi, body proporsional, rambut hitam panjang terurai, bener-bener cantik pake banget, tapi dia pendiam, pemalu dan susah bergaul. Gue bener-bener bisa ngerti gimana rasa kesepian Suoh sama penderitaannya karena trauma masa lalu dengan ibu tirinya. Soalnya gue sendiri punya banyak kesamaan sifat dengan Suoh (kalo muka sih nggak :’v syedih). Waktu gue main game ini, serasa gue ada di dalam diri Suoh :’( Tapi seiring berjalannya waktu, sifat Suoh yang tadinya pemalu dan tertutup bisa berubah jadi lebih terbuka berkat orang-orang di sekelilingnya, terutama rekan Amitie’nya, Mayuri dan Rikka. Suoh ini suka malu-malu kalo ganti baju bareng temen-temen sekelasnya. Kalo pas lagi ganti baju(biasanya waktu kelas balet), pasti si Suoh blushing waktu liat temen-temennya cuma pake daleman XD Dia juga malu kalo mandi bareng temen Amitie’-nya atau temen yang lain jadi Suoh selalu cari waktu supaya bisa mandi sendirian.

Apalagi waktu event pemeriksaan kesehatan, di situ Suoh dan temen-temen sekelasnya harus copot baju dan cuma boleh pake daleman doang(please jangan harap ada event telanjang di game ini karena ini game all ages bukan eroge :v ). Di situ Suoh blushing dan malu buat copot bajunya sampe dipaksa sama Rikka & kembar nakal, duh padahal sama sesama cewek doang ya ampun Suoh you’re truly a gay XD Suoh juga pernah mikir, dia selalu blushing kalo ngeliat body cewek, jangan-jangan dia yuri tapi Suoh be like “Nggak mungkin ah, gue cuma pengen jadi temen aja”. Temen palelu botak XD You’re gay Suoh, trust me :v Perkembangan sifat Suoh di sini tergantung rute pilihan kita, kalau milih rute Mayuri, Suoh bakal keluar dari cangkang dan jadi lebih terbuka. Tapi kalau Rikka, sebaliknya, Suoh tetep di dalem cangkangnya dan masih jadi pribadi yang pemalu & pendiam. Suoh di sini juga bisa dibilang cerdas dan punya logika yang bagus, soalnya dialah yang memecahkan case-case di game ini.
Selain cantik dan cerdas, dia juga punya bakat main piano. Tapi dia punya trauma masa lalu selalu ditekan sama ibu tirinya waktu latihan piano, jadi dia pun trauma main piano. Tapi Mayuri ngebantu Suoh supaya dia tetep tenang waktu tampil main piano di acara sekolah dan perlahan-lahan bayangan ibu tiri yang menghantui Suoh pun hilang, dan penampilan Suoh dan Mayuri pun sukses. Nantinya Suoh bakal nyadar kalau dia sebenernya suka sama Mayuri, dan mereka pun jadian di chapel(gereja) malem-malem tentunya XD
  
Ngomong-ngomong soal Rikka, honestly I don’t really like her BTW. Awalnya dia keliatan care dan baik, dia juga smart (dia adalah murid terpintar, waktu ujian masuk juga dia dapet nilai paling tinggi), ramah ke semua orang dan sering ngadain pesta teh rame-rame, dan teh buatannya enak. Dia juga anggota klub paduan suara, pastinya suaranya bagus. Dan kelebihannya yang lan, Rikka juga jadi ketua kelas, dan disegani banyak orang. Awalnya dia kayak, ya okelah mari kita berteman, sama Mayuri juga dia friendly. Tapi lama kelamaan, dia bakal nyadar kalau dia suka sama Suoh dan mulai agresif ke Suoh. Tapi bukan agresif yang lawak macem Yuzuriha-senpai ya :v Agresifnya lebih ke arah.... yandere(?) mungkin... I don’t really sure... Dia mulai cemburu sama Mayuri, soalnya Suoh lebih deket sama Mayuri, soalnya gue di sini main rute Mayuri sih. Si Rikka ini bakal ngelakuin berbagai cara supaya bisa dapetin hati Suoh. Rikka godain Suoh di depan Mayuri waktu Rikka minta diajarin piano sama Suoh, supaya Mayuri cemburu. Rikka juga mulai jauhin Mayuri, setelah Rikka nembak Suoh. Suoh masih bingung dengan perasaannya, dan cuma nganggep Rikka temen jadi Rikka ditolak waktu itu. Kecemburuan Rikka sama Mayuri makin menjadi waktu Mayuri dapet peran Bunda Maria di acara sekolah, peran yang sebenarnya Rikka dambakan dan semua orang menduga Rikka yang bakal dapet peran itu, surprise! malah Mayuri yang dapet. Rikka juga nguping pembicaraan Suoh & Mayuri di perpus tentang masa lalu Mayuri. Dan itu dijadikan bahan supaya Rikka bisa ngeblackmail Suoh. Bisa kita lihat evil smilenya Rikka waktu dia bilang dia nguping pembicaraan Suoh dan Mayuri. Kata Rikka walaupun Mayuri diluar keliatan sempurna tapi ternyata... dia yuri (lah elu kan juga sama aja ogeb -_- wtf?).
    
Dan di hari berikutnya, Rikka ngadain pesta teh dan bilang ke semua orang kalau Rikka jadian dengan Suoh (wtf what was happened? this is sucks, jadian aja belom njiiir....). Ternyata Rikka mengancam Suoh kalau dia bakal ngebocorin rahasia masa lalu Mayuri supaya Mayuri gagal jadi Bunda Maria, dia bakal tutup mulut kalau Suoh mau jadi pacarnya. Buat ngelindungin Mayuri, Suoh pun setuju jadi pacar Rikka dengan sangat terpaksa. :’v That’s why I don’t like Rikka, kono yaro! Yandere megane! >.< Gue seratus kali lebih suka karakter yandere Toma nii-san dari game otome Amnesia daripada yandere yang satu ini (kurung aku bang Toma :* <3 ). Yah walaupun akhirnya Rikka mulai ngertiin Suoh dan pun putus demi kebaikan, terus Rikka juga mulai baikan sama Mayuri. Waktu Suoh dan Mayuri jadian (padahal mereka diem-diem jadian, tapi tetep aja ketahuan sama Nerine-senpai XD), Rikka pun mendukung mereka. Yeah Rikka is a good girl anyway, I agree with it, but still I don’t really like her after what she did to Suoh and Mayuri. That’s why I don’t wanna take her route.
Beralih ke Mayuri, menurut gue Mayuri is best girl. Ceria, semangat, murah senyum dan pekerja keras. Dia punya rambut warna chestnut panjang sebahu. Dia gabung di klub seni dan dia punya bakat bikin manisan(cookie, cake dsb.). Dia biasanya selalu bawa manisan kalau Rikka ngadain pesta teh, seperti yang kita tahu bahwa minum teh nggak lengkap tanpa yang manis-manis :v Mayuri juga terpilih memerankan Bunda Maria dan bikin banyak orang terkejut. Tapi dibalik semua itu, ternyata Mayuri menyimpan masa lalu yang pahit. Dia broken home, orang tuanya cerai gara-gara ibunya selingkuh sama laki-laki lain. Dan dia ngeliat perselingkuhan ibunya dengan mata kepalanya sendiri. Itu bikin dia shock dan trauma. Tapi untungnya dia punya pengasuh (cewek) yang baik hati & menyayanginya seperti anak sendiri. Karena pengasuhnya itu juga suka bikin manisan, Mayuri pun jadi suka bikin manisan juga. Lama kelamaan Mayuri nyadar kalau dia suka sama pengasuhnya itu. Dan waktu Mayuri kokuhaku (ngungkapin perasaan) ke pengasuhnya itu, dia ditolak. Pengasuhnya juga sayang sama Mayuri tapi bukan ke arah romantis tapi lebih ke kayak kasih sayang ortu ke anak. Dan akhirnya Mayuri menenangkan diri dengan masuk ke sekolah St. Angraecum ini. Dan waktu ketemu Rikka, Mayuri menemukan sosok pengasuhnya ada di dalam diri Rikka. Kata Mayuri, Rikka mirip banget sama pengasuhnya. Jadi dia ngira, dia jatuh cinta sama Rikka. Dia berusaha deket sama Rikka. Tapi perlahan-lahan, Mayuri sadar kalau sebenarnya dia jatuh cinta sama Suoh, bukan sama Rikka. Dan perasaannya ke Suoh lebih besar daripada perasaannya ke pengasuhnya ataupun Rikka. Dia sadar kalau dia mencintai Suoh, perasaannya ke pengasuhnya & Rikka mungkin cuma sebatas suka aja belum sampe cinta. Dan Mayuri pun mengungkapkan perasaannya di hari Suoh dan Mayuri jadian. Happy ending? Wait, ceritanya belum selesai ternyata.

Beberapa hari setelah acara sekolah selesai, Rikka ngadain pesta teh lagi. Dan di situ Yuzuriha dan Nerine juga ikutan. Waktu makan kue, mulut Mayuri belepotan krim. Terus Suoh ngambil krim di mulut Mayuri pake jari terus dimakan sama Suoh XD Lupa si Suoh kalo mereka berdua diliatin banyak orang XD Terus akhirnya Nerine tanya ke Suoh apa mereka berdua jadian, soalnya Suoh dan Mayuri keliatan cocok. Dan Rikka menegaskan kalau mereka berdua emang cocok soalnya mereka berdua emang jadian. Dan akhirnya Suoh dan Mayuri dapet banyak ucapan selamat dari temen-temennya (dah kayak orang nikahan aja :v). Erika juga dateng di pesta tehnya Rikka, dan sempet ngingetin Mayuri soal salah satu 7 misteri sekolah. Tau kan biasanya tiap sekolah di jepang punya 7 misteri? Salah satunya adalah misteri kalau orang yang memerankan Bunda Maria bakal hilang (di ceritanya sih terbang ke langit XD).

Suoh juga sempet diingetin sama Dalia-sensei yang mencium ada hubungan khusus SuohxMayuri :v Awalnya sistem Amitie’ cuma dua orang, tapi di tahun angkatan Suoh, diubah sistemnya jadi tiga orang. Tapi sistem tiga orang ini pun punya kelemahan. Kalau dua diantara amitie’ deket satu sama lain, dan mengucilkan satu amitie’ yang lain, maka satu amitie’ ini bakal ngerasa tersisih dan sistem amitie’ ini pun nggak berjalan dengan lancar. Dalia-sensei sih respect-respect aja sama hubungan homoseksual, apalagi ini all-girls school, hubungan seperti itu rasanya biasa aja. Tapi Dalia-sensei mengingatkan supaya tetap menjaga hubungan di antara tiga orang amitie’. Dan menyuruh Suoh untuk pikir-pikir lagi soal hubungannya dengan Mayuri.  
Suoh dan Mayuri janjian buat ngedate, karena mereka nggak bisa keluar sekolah, mereka cuma milih tempat ngedate di area sekolah. Mereka janjian buat ngedate liat bunga sambil piknik berdua. Tapi sebelum mereka sempet ngedate, Mayuri tiba-tiba ngilang. Dan Dalia-sensei datengin Suoh sambil bilang kalau Mayuri udah keluar sekolah tanpa bicara apapun ke Suoh dan cuma meninggalkan sepucuk surat. Di situ disebutkan kalau Mayuri pergi demi kebaikan mereka dan Mayuri meminta Suoh untuk melupakannya. Suoh pun merasa sedih dan kehilangan.

WHAT THE....???? Gue udah PD bakal happy ending ternyata endingnya gini? Oh nggak gue nggak terima njir >_< Ending macam apa ini wahai developer game? CG di ending bikin my kokoro hancur sehancur hancurnya :’v Dan bisa dihitung 3 hari gue baper gara-gara main ini game kamvret. Balikin 10 jam gue yang berharga! Gue udah searching di google tentang endingnya Mayuri ternyata emang true endingnya begitu, ending yang lainnya cuma mayuri bad ending terus sama rikka ending bad & good. Nani? Rikka dapet good ending sedangkan best girl Mayuri nggak? Sabar dulu... Misteri hilangnya Mayuri bakal dipecahkan di sequel gamenya. Dan gue mencoba mencari spoiler sequel game flowers sur printemps, ternyata walaupun 2 sequel udah keluar, Mayuri masih belum ketemu. Duh si kamvret ngilang ke mana sih? Ke Afrika? Planet Namec?  Kok lama amat baliknya? Dan Mayuri dikabarkan bakal balik lagi di sequel ketiga game ini yaitu sur hivers. Sur Hivers sendiri udah rilis di jepang sebulan yang lalu, kalo nggak salah tanggal 15 September apa ya? Gue juga gak begitu inget :v Tapi gue masih belum dapet spoiler sama sekali soal kembalinya Mayuri dan kelanjutan hubungan SuohxMayuri. Mungkin pertemuan Suoh & Mayuri bakal mengharukan, soalnya bayangin aja 2 musim 2 sekuel nggak pulang-pulang, udah kayak bang Toyib aja lu Mayuri -_- Yah kita doakan saja semoga mereka berdua dapet happy ending. Gue paling nggak tahan sama sad ending. Itulah kenapa gue selalu menghindari anime-anime yang sad ending. Kayak Guilty Crown, Re-Write, Plastic Memories, dll.   
Pendapat gue soal game ini...., game ini bagus, artnya keren dan halus. Tapi jalan ceritanya yah cukup klise sebenernya :v Nggak ada yang spesial, sekolah katholik khusus perempuan, pesta teh, material yang sudah biasa di cerita-cerita berbau yuri seperti ini. Romancenya lumayan lah, but still nothing special. Tapi endingnya bener-bener menyentuh, gue nggak nyangka bakal begini endingnya huft... -.- Yah walaupun sad ending dan terkesan ngegantung, tapi untungnya ada sequel, kalo nggak ada mungkin gue udah nonjok developernya :v Fan service di game ini cuma sebatas skinship dan kiss doang, nggak sampe ke arah 18+. Ini kan game untuk semua umur, jadi aman untuk yang masih di bawah umur tapi anak kecil jangan disuruh main karena gak bakal ngerti dia XD #abaikan Yang jadi poin yang menarik buat game ini adalah misterinya, walaupun case-case di game ini terbilang sederhana. Nggak serumit case-casenya Detektif Conan atau Kindaichi :v Kalau serumit itu, ntar susah namatin gamenya XD Rate 7.5/10 buat game ini. Oh iya satu lagi, suaranya Suoh pelan banget jadi kadang nggak kedengeran, gue kudu setting suaranya Suoh paling full daripada karakter lain :v
Oke, sampe di sini dulu ya review gue. Tinggalkan komentar bila perlu, dan kalian juga bisa koreksi kalau ada kesalahan. Maklum gue kan juga manusia biasa :v Domo Arigatou!