Showing posts with label Coretan. Show all posts

BL Manga dari masa ke masa

//Saturday, February 25, 2023
//Posted by Puspita Zulviandari


Sebagai penikmat BL manga, seringkali aku penasaran, sebenernya BL manga pertama di dunia itu yang mana sih? Kayak gimana sih wujudnya? Karena penasaran, jadi aku memutuskan untuk research sendiri di internet. Menurut Wikipedia, manga shounen ai pertama adalah “Sunroom ni te (In The Sunroom)” yang diterbitkan pada tahun 1970, oleh mangaka Takemiya Keiko. Diikuti oleh manga “Gymnasium” yang terbit tahun 1971 oleh Hagio Moto. Tahun 1972, Hagio Moto juga menerbitkan sebuah karya, shoujo manga berjudul “Po no Ichizoku (The Poe Clan)”. Tapi genre utama manga ini sebenarnya shoujo ya, jadi unsur BL di manga ini masih belum eksplisit. Sebenarnya gak banyak info detail soal karya2 shounen ai awal ini, mungkin karena kurang populer atau gimana aku pun kurang paham. Lalu pada tahun 1974, masih dengan mangaka yang sama, Hagio Moto menerbitkan manga genre shounen ai “Thomas no Shinzou (The Heart of Thomas)”. Nah, ini adalah manga genre shounen ai “populer” yang pertama, jadi banyak info yang bisa ditemukan soal manga ini.



Lanjut ke the first yaoi manga yang legendaris, “Kaze to Ki no Uta”, yang diterbitkan tahun 1976 oleh mangaka Takemiya Keiko. Dibanding karya-karya yang sebelumnya, manga ini lebih eksplisit dalam menunjukkan “sex scene”. Manga ini juga mendapat adaptasi anime movie pada tahun 1987. Aku perhatikan, karya-karya BL awal tahun 70-80an ini menggunakan style shoujo manga klasik, di mana karakternya imut-imut seperti boneka. Lalu cara si mangaka menyampaikan cerita begitu dramatis, kita seperti bukan membaca BL tapi seperti menonton pertunjukan opera. Kebanyakan BL-BL awal ini ceritanya angst, tragedy (Idk why they love angst so much). Jadi ya emang rata2 punya ending yang sad.


Lalu pada tahun 90-an, BL manga semakin populer dengan hadirnya manga “Zetsuai 1989” karya Ozaki Minami. Fun fact : sebenernya Zetsuai ini awalnya doujin Captain Tsubasa, tapi akhirnya diubah jadi karya original. Well, Zetsuai ini ceritanya juga angst sih. Terus, menurutku BL manga yang terbit di tahun 90-an emang banyak yang aneh sih anatominya. Tau istilah “yaoi hands”? Ya, telapak tangan karakternya digambarkan oversized, jadi panjang dan besar :v (bukan tytydnya tapi malah tangannya ya awokawok ). Nih, aku kasih contoh “yaoi hands” dari manga populer “Junjou Romantica”. Selain itu, banyak juga yang suka size-gap, jadi semenya badan segede gaban terus ukenya kecil mungil, kurus. Kita ambil contoh salah satu yang paling populer, “Okane ga Nai”.






Style awal BL jaman dulu yang karakternya imut2 terlihat beda jauh dengan kebanyakan BL manga yang terbit sekarang, di mana posisi uke seme biasanya dibedakan melalui penampilan. Seme biasanya tinggi, berotot, bertytyd besar (BL manhwa banget ini wkwk) lalu uke biasanya memiliki tubuh yang ramping, kayak cewek banget lah. Yah, meskipun banyak juga yang mendobrak stereotype ini dengan membuat seme cantik dan ramping, lalu ukenya malah tinggi berotot. Atau keduanya sama-sama berotot (manly x manly couple), nah kalau ini kesukaan saya :v Lalu ada juga manga yang mengesampingkan istilah seme uke, jadi dua-duanya versatile.


Jaman sudah berkembang, artstyle BL juga semakin berkembang. Jadi BL sekarang anatominya sudah tidak seaneh dulu lagi. BL juga ceritanya makin beragam, gak cuma angst. Mau baca yang isinya full nananina atau yang fluff, sweet tanpa ada adegan seggs, atau mau yang campuran keduanya juga ada. Yang angst tapi happy ending, yang happy tapi malah sad ending, yang full comedy, yang furry, yang peod (woi :v) semua ada. Rata-rata BL itu masih “by women, for women”, dibuat oleh perempuan dengan target pembaca perempuan juga, soalnya kebanyakan mangaka BL itu perempuan. Tapi gak semua BL cuma sebatas fantasi atau fetish mangakanya aja. Manga seperti “Doukyuusei” dan “Blue Sky Complex” punya cerita yang realistis soal masalah-masalah yang dihadapi gay couple di dunia nyata. Jadi gak cuma sebatas ewe dan ewe doang.




 

 

Tag :, Tag :, Tag :

Penggambaran Villain dan Villainess di Otome Game yang Asli

//Saturday, February 5, 2022
//Posted by Puspita Zulviandari

Yo minna, kembali lagi bersama gue admin Addictnime. Udah lama juga gue gak ngisi blog ini karena kesibukan gue, dsb. BTW kita langsung to the topic aja biar cepet ea 😄

Sejak kemunculan anime Hamefura yang booming, trope reinkarnasi ke dunia otome jadi penjahat cewek jadi semakin populer. Di sini gue mau bahas soal apakah cerita manga/manhwa tentang reinkarnasi jadi villain cewek/villainess yang b*tchy itu bener-bener akurat atau sesuai sama otome game asli yang sering dimainkan atau yang beredar di pasaran?

Menurut pengalaman gue sebagai pemain yang udah bertahun-tahun main berbagai macam otome game. Jawabannya adalah nope, alias TIDAK 🙅

Rata-rata villain otome game yang gue pernah mainin itu cowok, kenapa? Biasanya sih kalo villainnya good looking bisa buat bahan secret route 😊 mungkin karena banyak player maso kali ya :v (Sachsen please step on me daddy >.<)

Tapi ada juga yang udah bikin villain good looking eh, malah ternyata rute dia gak ada 🙂 Contoh : Sachsen Brandenburg (Steam Prison)

Di bawah ini ada beberapa contoh villain cowok dari otome game yang pernah gue mainin :

1. Sachsen Brandenburg (Steam Prison)

Ganteng banget <3 please step on me daddy Sachsen /bonk


2. Glissade Roselite (Steam Prison)

jauh-jauh lah kalo yang ini wkwk, what a creepy old man


3. Tsukuyomi Kagura (7'Scarlet)

ini juga termasuk villain yang ngeselin banget sih, amit-amit lah kalo ketemu si psikopet ini


4. Hamelin (OZMAFIA)
kalo yang ini punya rute sendiri dan rutenya penuh angst, yah salah satu faktornya karena dia ini villain sih

5. Finis (Code Realize)
dia cowok beneran btw


6. Chikage Kazama (Hakuoki Series)

Another villain yang punya rute sendiri

Dan masih banyak lagi sebenernya tapi segini dulu aja ya yang gue sebutin...

Sebenernya karakter villain female yang b*tchy di otome game itu ada sih, tapi jarang banget sebenernya. Kalaupun ada biasanya cuma keluar sifat jahatnya di satu atau dua rute di game itu. Berikut ini adalah beberapa contoh karakter villain cewek atau villainess yang muncul di otome game :

1. Rika (Amnesia)

crazy b*tch, awas didorong ke jurang ntar


2. Rika (Mystic Messenger)

another Rika, kudu hati-hati sama yang namanya Rika ya 😂 wkwk


3. Olivia (-Ephemeral- Fantasy on Dark)

dia ini cuma jadi villain di rute Rei aja sih, tapi villain yang ini lain daripada yang lain (btw dia ini menunjukkan tanda2 kalau dia bisex 😳)


4. Cordelia (Diabolik Lovers)

the worst mother

Cuma segitu aja sih yang gue tau. (Dikit amat min?) Ya emang vilainess otome game asli itu cuma sedikit. Kalo gue main otome game yang ada villainnya biasanya cowok, atau ada karakter cewek tapi bukan sebagai villain tapi cuma rival aja sih.

Jadi kesimpulannya adalah cerita tentang reinkarnasi jadi villainess otome game itu kurang akurat sama otome game yg sebenernya ada di pasaran. Rata-rata mereka (mangaka/author) menggambarkan otome game settingnya di isekai, karakternya pake pakaian ala-ala era victoria (seperti hamefura). Sebenernya, gue sendiri ya jarang nemu otome game yang settingnya kayak gitu 😅 Setting otome game aslinya lebih beragam lagi. Ada setting jaman modern, jaman edo jepang, steampunk atau kalau fantasy bisa di dunia dongeng, afterlife, dunia vampire, monster dsb.

Ternyata setelah gue menjelajahi forum-forum, mencari jawaban tentang "kenapa kalo di novel, manga, manhwa, penggambaran tentang otome game cuma gitu2 aja". Ada yang bilang kalo trope villainess di otome game itu sebenernya adaptasi dari vilainess dari shoujo manga lama bukan dari otome game yang ada di pasaran. Mereka pakai trope reinkarnasi ke dunia otome game jadi villain cewek buat menarik minat pembaca aja, biar gak bosen gitu.

Gue berharap yang bikin cerita tema otome game gak cuma pake trope yang sama terus berulang kali. Bisa lah settingnya ngambil dari otome game beneran. Mungkin reinkarnasi jadi temen deket MC di dunia monster misalnya 😅 Jadi gak melulu vilainess 😁

Menjadi Seorang Fujoshi

//Tuesday, August 15, 2017
//Posted by Puspita Zulviandari

 Hasil gambar untuk fujoshi
Hey yo minna! Balik lagi sama gue di sini. Kali in gue mau cerita tentang diri gue yang sebenarnya seorang Fujoshi. Apa itu fujoshi? Menurut wikipedia, fujoshi itu artinya cewek busuk, yang suka anime, manga dan sejenisnya yang berbau cinta sesama jenis antar lelaki atau bisa disebut genre yaoi atau Boys Love (BL). Gue sih gak bangga disebut fujoshi atau cewek busuk, tapi sebutannya begitu sih yaa mau gimana lagi. Kalo buat cowok, disebut fudanshi. Biasanya para fudanshi itu ngakunya cuma suka liat yaoi doang. Dan ngaku kalo dia bukan homo dan doyan cewek. Tapi banyak yang bilang kalo fudan itu homo yang tertunda, wkwk. Buat para fudanshi, tenang aja, gue gak akan mempermasalahkan orientasi seksual kalian. Mau kalian homo mau straight, gue sih gak peduli. Cuma lebih baik kalo kalian ngehomo aja.
Hasil gambar untuk fujoshi nosebleed
Banyak banget cewek penyuka anime yang jadi fujoshi. Gue rasa menjadi fujoshi itu normal bagi cewek-cewek yang masih doyan cowok. Meskipun gue pernah nemuin cewek lesbi suka yaoi, tapi menurut gue itu sebuah keanehan. Biasanya fujo itu kan sukanya “batang” bukan “lubang” :’v (ngomong apa sih gue ini....) Soalnya fujo itu kan suka liatin cowok-cowok ganteng, apalagi kalo mereka berduaan. Rasanya aneh aja denger fujo kok ngeyuri? Meskipun menurut gue aneh, tapi itu gak mustahil kok. Apapun bisa terjadi di dunia ini. Kalo gue sendiri? Gue masih normal ea, suka batang :v Gue punya pengalaman buruk sama cewek-cewek, sekarang gue jadi benci sama yang namanya cewek. (padahal gue sendiri cewek :’v) Udah ah, malah jadi curhat guenya -_-

Gambar terkait
Hasil gambar untuk fujoshi
Awal mula gue suka yaoi, gara-gara dulu gue waktu masih pasang wifi di rumah kira-kira waktu gue masih kelas 9 SMP lah, gue suka banget itu streamingan di youtube. Liat-liat video gamingnya pewds atau video klip penyanyi favorit gue, Taylor Swift atau band rock favorit gue Panic! At The Disco. Tapi suatu hari, di recommended videos muncul satu video yang gambar thumbnail-nya yang menggoda iman :’v Judulnya Viewfinder (Animix), dengan gambar 2 cowok ganteng yang keliatan deket banget. Waktu gue buka, ternyata isinya animix yaoi. Mana hot banget lagi & BDSM. Si ukenya yaitu Takaba Akihito, gak bisa berkutik di depan Asami-san, sang seme yang ganteng bin sekseh :’v Awalnya gue kaget, sama-sama laki-laki kok bisa begitu? Jadi kalo homo itu begini toh, baru tau gue. Gue yang tadinya masih polos pun mulai ternodai. Awalnya gue liat kok rasanya agak aneh gimana gitu, soalnya gue juga waktu itu belum suka anime... Tapi gue jadi pengen liat lagi deh, akhirnya besoknya gue pun liat lagi itu video. Terus gue mulai nyari video yaoi yang lain dan akhirnya gue jadi ketagihan liat yaoi deh... >,<
Gambar terkait
Gue sempet pensi liat anime, gara-gara wifi gue dicabut. Tapi gue nemu wifi gratisan, yaitu wifi tetangga. Dan gue pun mulai dunlut-dunlut anime. Waktu itu ada yang nyuruh gue buat download boku no pico, terus di grup-grup anime juga banyak yang bicarain soal anime ini. gue masih gak tau, Boku No Pico itu anime apaan sih? Waktu gue nyoba download 3 episode OVA-nya, ternyata yaoi! Mana hentai pula! Ah, tapi ukenya trap alias banci, no no no! Yaoi boleh asal jangan trap! Kalo kayak gitu apa bedanya sama anime straight (couple hetero/normal)? Mending download yg straight aja sekalian :’v
Gambar terkait
Suatu hari, gue nemu anime yaoi judulnya Sekaiichi Hatsukoi. Tapi mungkin anime ini lebih ke genre Shounen Ai. Shounen ai sama yaoi pada dasarnya sama, menceritakan tentang cinta sesama jenis antar cowok. Cuma kalo shounen ai, itu lebih soft daripada yaoi. Yaoi mungkin lebih diperuntukkan bagi yang sudah cukup umur. Tapi biar simple, semua kita sebut yaoi aja lah. Nah anime Sekaiichi Hatsukoi ini merupakan anime yaoi yang sangat terkenal di kalangan para fujoshi & fudanshi. Diadaptasi dari manga karya Nakamura Shungiku-sensei (wadoo dewi yaoi bagi para fujodanshi #sungkem -/\- ). Ceritanya bagus, dan so sweet bangeeet unch *w* Takano-san favoritkuuu <3 Di anime itu menceritakan kisah cinta pertama beberapa couple yaitu TakanoxRitsu, HatorixChiaki, YukinaxKisa. Ke-moe-an di anime ini bikin gue tambah cinta sama Yaoi alias BL. Gue pun udah nonton anime ini sampe gue ulang berkali-kali. Di season 2, nambah lagi couple AsahinaxRyunosuke. Dan ada juga movienya yang menceritakan couple KirishimaxYokozawa. Mereka semua cute & so sweet beud :* #pelukTakano-san #dikeplakRitsu
Gambar terkait
   Selain Sekaiichi, ada juga manga buatan Nakamura Shungiku-sensei lainnya yang diadaptasi jadi anime. Yaitu, Junjou Romantica dan Hybrid Child. Dari semua karya sensei, yang paling terkenal adalah Junjou Romantica. Gue download ini anime setelah Sekaiichi, dan awalnya gue rada males buat nonton. Eh, ternyata ceritanya gak kalah bagus sama Sekaiichi. Sama seperti Sekaiichi, Junjou juga nyeritain beberapa couple seperti AkihikoxMisaki, NowakixHiroki, dan MiyagixShinobu. Dan gue pun download Junjou sampe Season 3-nya. Ceritanya bagus sih soalnya, mantaab lah. Dan Hybrid Child, itu anime yaoi ternyesek dan tersedih yang pernah gue tonton. Ceritanya tragis, buat yang mau nonton sebaiknya siapkan tisu 1 pack :’v T.T
Hasil gambar untuk junjou romantica
Hasil gambar untuk hybrid child
Gue pun mulai mencari rekomendasi anime yaoi lain. Gue browsing dan browsing dari satu situs ke situs lain...., gue pun tertarik download anime yaoi yang lebih “hot” dari biasanya. Dan gue akhirnya download anime Kirepapa, waduh ini mah hampir selevel dengan Viewfinder. Sayangnya Cuma disajikan dalam bentuk OVA 2 episode. Yah, studio PrimeTime emang biasanya Cuma bikin anime yaoi 2 episode doang. Gue pun mulai download yaoi yang lebih banyak lagi. Viewfinder, Papa To Kiss In The Dark, My Sexual Harassment, Seito Kaichou ni Chuukoku, Koisuru Boukun, Ikoku Irokoi Romantan, dll pun gue sikat habis sampe kuota sekarat. Kalo gak nemu sub indonya, biasanya gue cari yang sub inggris di Yaoiotaku atau Aarinfantasy, forumnya para fujodanshi. Bahasa Inggris mah gue masih bisa ngerti, kalo RAW alias tanpa sub, gue masih susah memahami. Terus yang paling baru ada Super Lovers, anime yaoi yang ceritanya bagus dan grafiknya paling mantap dibanding anime yaoi yang lain. Terus ada lagi Hitorijime My Hero, ini juga so sweet dan ceritanya menarik. Hitorijime masih on going lho, di summer ini ^.^
Hasil gambar untuk seito kaichou ni chuukoku
Hasil gambar untuk hitorijime my hero
Merasa kurang dengan anime, gue mulai merambah ke manga dan doujin yaoi. Manga favorit gue adalah Ten Count karya Takarai Rihito, terus ada lagi Kare no Shousho blablabla... (lupa lanjutannya >,< ), dll. Tapi gue gak terlalu nyaman baca manga, selain kuota sekarat, di sini jaringan juga jelek jadi kadang nungguin loading manga bisa sampe ketiduran :’v Terus kalo doujin, dulu gue sempet berburu doujin pairing terkenal kayak MakotoxHaruka dari Free!, AkashixKuroko dari Kurobas, VictorxYuuri dari Yuri On Ice dll. Bahkan gue pernah nemu yang HarukaxRin, gue nggak nyangka ada yang ngepair Haruka jadi semenya Rin, biasanya Haruka kan uke :0 Rata-rata doujin yang gue temuin itu 18+ (jangan ditiru wkk >,<) Tapi sekarang gue males baca doujin, gara2 gak bisa pake wifi lagi T.T Gue jadi gak bisa dunlut doujin sepuas hati kayak dulu :’v
Hasil gambar untuk ten count
Gambar terkait
Selain menjadi fujo penikmat, gue juga bikin karya berupa fanfiction di wattpad. Masih dikit sih karya gue, soalnya jarang ada ide wkwk. Dan gue seneng, ternyata banyak fujo yang suka karya gue yang masih amatiran ini. Kalo kalian mau baca karya-karya gue silakan search id : pipitmac di wattpad (malah promosi XD). Kalo soal fanart, gue gak bisa bikin fanart yaoi, karena gue gak bisa gambar. Gambar gue kek anak TK sih, syedih :’v
Di keluarga gue, yang tau gue fujo cuma adik. Dan temen-temen rata-rata gak pada tau kalo gue ini fujoshi yang doyan mantengin dua cowok tamvan bermesraan *w* Waktu temen gue ngomongin soal kakak kelas gue yang ketahuan gay, gue cuma diem tapi dalam hati gue bertanya-tanya. Wadoo siapa nih semenya? Kakak kelas gue itu tipe ukeable banget. Sayang dia gak akrab ama gue, kalo akrab kan bisa jadi bahan ship-shipan di dunia nyata. #dikeplak
Hasil gambar untuk fujoshi
Ada keinginan buat tobat nggak sih? Jawabannya : nggak tahu :v Gue gak tahu kapan gue bisa tobat dari dunia perhvmvan :’v Tiap kali liat dua cowok deket banget, GUE SHIP MEREKAAA!!! :v Liat anime biasa yang gak ada embel-embel yaoi, kalo ada dua chara cogan yang deket satu sama lain pun gue ship mereka. Meskipun ada heroine (ceweknya), gue nggak nganggep itu heroine ada (duh kasian amat :v). Jadi seorang fujoshi, apalagi di negara yang masih banyak kontra soal LGBT macam Indonesia ini yaa emang susah-susah gampang. Kadang ada aja yang nyeramahin hobi gue ini. Yang dosa lah, yang gak bermoral lah... Tapi tetep aja banyak cewek indo yang jadi fujoshi, meskipun banyak yang menganggap fujoshi itu “buruk”. Yang paling parah, ada yang ngatain fujoshi itu dosa, tapi sendirinya malah nonton hentai & JAV. Kan kamvret -_- Mirror please?
Hasil gambar untuk fujoshi shipping
Kayaknya cukup segini deh gue tulis pengalaman gue sebagai seorang fujoshi. Akhir-akhir ini gue jadi cuma curhat gak jelas deh, wkwk. Oke, selanjutnya gue mau review anime lagi. Ditunggu aja ya! Oh iya, gue sangat menghargai kalau kalian mau komen di bawah ini. Domo Arigatou!
Tag :, Tag :, Tag :